Paket Wisata Harapan

Sedekah Laut merupakan budaya turun temurun yang dilaksanakan oleh masyarakat nelayan pesisir . Tujuan dari Sedekah Laut selain untuk melestarikan kebudayaan turun temurun dari nenek moyang juga sebagai bentuk perwujudan rasa syukur kelompok nelayan di Pesisir Utara Pemalang kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala nikmat dan karunia yang diperoleh pada masa kehidupannya.

Budaya Sedekah Laut di Pemalang sampai dengan saat ini masih  belum memperoleh perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten, waktu maupun agenda penyelenggaraannya masih bersifat individu / selera kelompok nelayan yang ada di desa-desa yang memiliki TPI.  Dari mulai TPI di Ujung Kulon Pemalang sampai dengan TPI di Ujung Wetan Pemalang dengan waktu dan .kemasan yang berbeda beda.

Mengapa tidak dikemas dalam satu Paket Budaya Nenek Moyang Pemalang yang harapannya mampu mengungkit nama PemalangHebat untuk disuguhkan sebagai Destinasi Wisata.  Memang tidak mudah untuk mewujudkannya, tapi jika dari rasa nguri – uri budaya yang sama di masing masing kelompok nelayan, harapannya akan lebih mudah dan cepat termasuk dukungan dari berbagai pihak, Pemkab khususnya.

Jika Pemerintah Kabupaten kiranya kurang yaqin, bisa melakukan kajian terlebih dahulu, dengan terlebih dahulu menyajikan Apa yang mau dijual dengan Pesisir Pemalang dengan segala pernak pernik disekitarnya ? Monggo digali . dari mulai Tanjungsari sampai Kaliprau .

Pesisir Kita punya Budaya Sedekah Laut di semua TPI

Pesisir Kita Punya Widuri

Pesisir Kita Punya Syeikh Maulana Syamsuddin di Widuri

Pesisir Kita Punya Pantai Nyamplungsari

Pesisir Kita Punya TPI Asemdoyong

Pesisir Kita Punya Candi Sigeseng Kendaldoyong

Pesisir Kita Punya Petilasan Syeikh Maulana Maghribi di Pesantren

Pesisir Kita punya Hutan Mangrove

Pesisir Kita Punya Selusur Kali Comal

Pesisir Kita Punya Kepiting Soka Mojo

Pesisir Kita Punya Pantai Blendung

Pesisir Kita Punya Pantai Kertosari

Pesisir Kita Punya Kaliprau dengan rintisan Desa Wisatanya

Pesisir kita punya Tambak

Pesisir kita punya Kebun Melati

Pesisir Kita punya aneka ragam Kuliner Laut

Dan berharap lebih banyak lagi jika kita mau gali dan ungkit untuk bisa tetap lestari .

Sebatas harapan Semoga Wacana ini pada saatnya nanti, dengan kepiawaian Beliau Bapak Bupati Pemalang untuk mewujudkan PemalangHebat akan menggugah perhatian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Kabupaten Pemalang merangkai Paket Wisata Religi-Budaya-Lingkungan -Pendidikan dan Kuliner nan menarik  yang digelar secara terpadu pada bulan Suro. -(mj8370)-

 

2 tanggapan untuk “Paket Wisata Harapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *